Related Posts with Thumbnails

Jumat, 04 Januari 2008

Snack Asli Indonesia

Bentuknya unik, lebar, tipis dan bermotif, mirip dengan telinga gajah, karenanya orangpun menyebutnya sebagai kue kuping gajah. Kue ini semakin jarang dijumpai, mungkin orang enggan membuatnya karena memang memerlukan ketelatenan. Padahal bahan dan teknik pembuatannya sangat mudah. Jika Anda mempunyai waktu luang, cobalah membuat kue ini, saya percaya keluarga pasti akan bangga dan senang mencoba kue bikinan Anda. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Kuping Gajah

Bahan:

500 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru

100 cc air

2 butir telur ayam, kocok lepas

160 g gula halus

1 sdm minyak goreng

1 sdm susu bubuk

½ sdt vanili bubuk/pasta vanili

2 sdm cokelat bubuk

2 sdt pasta cokelat

½ sdt garam halus

minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, gula halus, garam, susu bubuk dan vanili, aduk rata. Masukkan kocokan telur dan minyak, uleni hingga tercampur rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan tercampur rata. Ambil seperempat adonan, biarkan putih. Tambahkan sisa adonan dengan bubuk cokelat dan pasta cokelat, aduk hingga tercampur rata.
  3. Giling adonan putih di atas plastic setebal 1 mm dan adonan cokelat setebal ¼ cm. Tumpuk adonan putih di atas adonan cokelat, gulung dan padatkan. Simpan di dalam kulkas selama 1 jam atau hingga adonan agak mengeras.
  4. Keluarkan adonan dari kulkas, Potong-potong dengan ketebalan 2 mm, giling kembali adonan yang telah di potong agar kue semakin tipis dan renyah. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan minyak banyak dalam wajan, goreng kuping gajah hingga matang, kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan. Kemas di dalam stoples kedap udara.

Untuk 650 g

Tip: Tekan kuat saat menggulung adonan agar masing-masing adonan menyatu dengan erat. Agar lapisan tidak lepas saat digoreng, sebelum adonan ditumpuk dan digulung, olesi permukaan adonan dengan air menggunakan kuas. Tambahkan sedikit air jika adonan masih terlalu kering dan susah diuleni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar