Related Posts with Thumbnails

Selasa, 22 Juni 2010

Mengapa Sayuran Organik Lebih baik dari Sayuran Konvensional?

Salah satu penelitian yang paling komprehensif dan definitif telah menunjukkan bahwa buah kiwi yang dikelola secara organik mengandung faktor kesehatan yang lebih tinggi daripada buah kiwi yang ditanam secara konvensional.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan buah kiwi yang ditanam berdampingan satu sama lain di pertanian yang sama, pada saat yang sama, di bawah kondisi lingkungan yang sama.

Buah kiwi yang ditanam secara organik memiliki tingkat polyphenol yang lebih tinggi, antioksidan yang lebih banyak, dan memiliki kadar vitamin C dan mineral penting yang lebih tinggi. Ilmuwan yang melakukan studi ini juga meneliti kemampuan tanaman organik dalam mengatasi hama tanpa adanya pestisida. Kadar antioksidan yang tinggi dipercaya sebagai reaksi alami terhadap stres.

Buah dan sayuran yang ditanam secara konvensional, sangat mungkin terkontaminasi oleh sisa kimia yang berasal dari pestisida dan pupuk kimia. EPA (Environmental Protection Agency) menyatakan terdapat 60% herbisida, 90% fungisida dan 30% insektisida bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker).

Pestisida bisa menyebabkan pengaruh negatif terhadap kesehatan, termasuk keracunan otot, terganggunya sistem endokrin, bersifat karsinogenik dan menekan sistem imun. Paparan terhadap pestisida juga berdampak pada fungsi reproduksi pria dan dikaitkan dengan keguguran pada wanita.

Sumber:
* Journal of Science of Food and Agriculture, 27 Maret 2007.
* EurekAlert 25 Maret 2007.
* blogs.mercola.com

(soyanatura.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar