Related Posts with Thumbnails

Senin, 22 Desember 2008

Awas Buku Copy Paste Dari Blog !!!

Sempat kaget ketika melihat sebuah buku di toko buku Gunung Agung - Atrium Senen. Melihat sekilas langsung engeh, “Wah ngga beres nih buku, fotoku dipakai buat cover” Setelah diperhatikan secara detail, ternyata tidak cuma cover depan, cover belakang dan isi juga menggunakan foto dari blog tanpa menyebutkan sumber.

Berulang kali kasus pencurian foto dari blog. Kali ini pencurian dilakukan oleh penerbit yang sudah menjadi anggota IKAPI. Tidak tanggung-tanggung, foto digunakan untuk cover depan, cover belakang dan isi.

Sepertinya budaya copy paste di dunia maya menjadi perilaku yang dihalalkan oleh Penerbit Pustaka Anggrek yang beralamatkan di Jl. Anggrek 3/34, Baciro Baru, Yogyakarta. 55225. Telepon (0274)554985/554986. e-mail pustakaanggrek@galangpress.com. www.galangpress.com

Buku yang berjudul 250 Resep Aneka Jajan Pasar Paling Nendang. Disusun oleh Tu’tu Catering. Perancang Isi: Reni Roselina. Perancang cover: Reni Roselina. Menggunakan foto cover dari blog Info Boga - Asia Blogging Network tanpa Ijin. Buku ini dijual dengan harga Rp.30.000. Hampir semua fotonya diambil dari internet dan beberapa diantaranya termasuk foto cover depan, foto cover belakang dan isi. Sangat disayangkan perbuatan dari penerbit Anggrek yang sudah mengantongi ijin dari IKAPI. Harusnya Penerbit Anggrek berprilaku profesional karena buku yang diterbitkan adalah buku resep komersial.

Lihat Kasus Copy Paste Sebelumnya:
Buku Nutrisi Tanaman
Majalah Info Resto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar