Related Posts with Thumbnails

Senin, 15 Desember 2008

TIDUR BERKUALITAS

TIDUR BERKUALITAS

Tidur yang cukup di malam hari sangat penting bagi tubuh. Tidur merupakan fase dimana tubuh melakukan pemulihan setelah sehari penuh beraktivitas. Orang dewasa memerlukan minimal 6 sampai dengan 8 jam untuk tidur demi menyegarkan kembali pikiran dan tubuh.

Apabila anda kurang tidur, maka aktivitas keesokan harinya akan terganggu karena kurangnya daya konsentrasi otak dan tubuh masih terasa lemas. Oleh karena itu, tidur berkualitas sangat diperlukan, terutama bagi anda yang mempunyai aktivitas tinggi.

Tidur berkualitas bisa anda dapatkan dengan berbagai cara. Sebaiknya kurangi asupan kafein sebelum anda tidur. Kafein berfungsi merangsang otak, akibatnya orang yang sangat peka cenderung sulit tidur setelah mengonsumsi kafein. Efek yang sama juga cenderung dialami seseorang yang mengonsumsi alkohol dan merokok.

Makan malam sebaiknya dilakukan minimal dua jam sebelum tidur agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Hindari bekerja terlalu berat, karena dapat memacu hormon kortisol, yang biasanya meningkat di pagi hari untuk mempersiapkan tubuh melakukan kegiatan. Apabila dipicu dengan kegiatan yang memakan energi, hormon ini akan muncul lebih cepat dan anda pun akan terbangun di tengah malam.

Satu jam sebelum tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik, meditasi, yoga, mandi air hangat atau meninabobokan buah hati anda. Hindari pembicaraan atau pembahasan yang memeras otak. Anda dapat membahasnya di pagi hari saat pikiran dan tubuh kembali segar.

Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, dan sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.

Kenakan baju tidur yang membuat anda merasa nyaman. Suhu tubuh cenderung turun menjelang tidur, namun akan kembali meningkat di tengah malam, dan kembali turun menjelang terbangun. Karenanya, pilihlah jenis baju tidur yang dapat membuat anda bertahan melalui perubahan suhu tubuh ini. Kenakan selapis baju tidur di saat musin kemarau, dan sediakan selimut saat musim hujan.

Rancan suasana menenangkan di kamar tidur. Pilih cat dan pelapis dinding berwarna hijau atau biru, redupkan penerangan di kamar tidur. Sinar yang berlebihan dan warna yang terlalu cerah, cenderung menstimulasi panca indra, sehingga tidak bisa beristirahat secara optimal. (OCH/Kompas/Klasika/2/12/2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar