Related Posts with Thumbnails

Sabtu, 13 Desember 2008

BIJAK MEMILIH MAKANAN PELENGKAP




Bijak Memilih Makanan Pelengkap

Makanan pelengkap (food supplemen) kini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kota. Lebih dari sekedar gaya hidup, makanan pelengkap dibutuhkan untuk menyempurnakan kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi dari asupan makanan sehari-hari.

Kehidupan kota yang dinamis dan serba cepat membuat banyak orang tidak sempat memerhatikan dietnya. Banyak diantara mereka dengan alas an kepraktisan memilih makan makanan cepat saji, yang umumnya padat lemak namun miskin nutrisi bergizi seperti vitamin dan mineral. Hal ini diperparah pola hidup tidak sehat, seperti bekerja terlalu keras dan kurang istirahat. Belum lagi banyak pekerja yang merokok dan mengonsumsi kopi. Dalam kondisi demikian, tubuh membutuhkan asupan gizi ekstra. Saat inilah dibutuhkan makanan pelengkap.

Tetaplah berpatokan pada gizi yang terbaik seharusnya diperoleh dari asupan makanan – bukan dari makanan pelengkap. Oleh karena itu, sebisa mungkin tetaplah berusaha makan teratur dengan diet yang cukup dan bisa seimbang. Manfaatkan makan pelengkap hanya jika benar-benar tidak ada pilihan lain.

Dewasa ini di pasaran banyak ditawarkan beragam makanan pelengkap. Umumnya makanan pelengkap tersebut terbuat dari bahan-bahan alami. Banyaknya produk yang ditawarkan tak jarang membuat konsumen menjadi bingung memilihnya.

Salah satu cara untuk memilih produk yang baik tentu saja dengan melihat produsennya. Produk bermutu biasanya diproduksi oleh produsen terna,a dan memiliki reputasi luas, bahkan internasional. Tentang mana saja produsen yang baik, anda dapat mencari tahu dari berbagai sumber. Produsen bonafid biasanya memiliki situs web sendiri atau informasinya dengan mudah dapat ditelusuri di internet.

Pililah makanan pelengkap yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk memastikan kebutuhan gizi, anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi. Pastikan konsumsi zat-zat gizi yang anda butuhkan – dapat dilihat pada kemasan produk – sesuai dengan yang dianjurkan.

Produk yang baik juga biasanya telah melalui tahapan pengujian sehingga manfaatnya terhadap kesehatan dapat dipertanggungjawabkan.
Nah, jika anda merasa kondisi asupan gizi anda tidak memadai, anda dapat mengonsumsi makanan pelengkap sesuai dengan kebutuhan gizi anda. (ACA/Kompas/Klasika/20/09/2008)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar